Tuesday, September 02, 2008

Almond Choc Layer Cake

kiriman Yufrita Skyner Edinburg UK

Bahan:

300 Ml natural yogurt
6 butir telur,
1/2 sdt vanili
325 gr gula castor
280 gr tepung self raising
1 1/2 sdt baking powder
200 gr ground almond
350 gr mentega (butter), lelehkan
Seujung sdt garam

Cara:
Olesi loyang ukuran diameter 24 cm dg mentega n taburi tepung, sisihkan
Panaskan oven 170 C (kalo ovennya pake fan), kalo ga pake fan suhu ovennya: 185 C

Masukkan semua bahan kering ke dalam baskom besar dan buat semacam sumur ditengahnya.
Sementara itu, kocok telur hingga mengembang, matikan mixer lalu masukkan yogurt.
Masukkan adonan telur ini ke bahan yg kering tadi (campuran tepung dll), aduk rata.
Terakhir, masukkan mentega cair, aduk perlahan dan usahakan jangan terlalu lama mengaduknya.

Tuang adonan kedalam cetakan dan bakar selama 45 menit. Begitu mateng, biarkan cakenya didalam loyang utk beberapa menit, setelah itu baru dibalikkan ke wire rack.
Cake ini, memang terlihat padat, tetapi saat dimakan rasanya moist sekali karena pengaruh yogurt dan kacang almond halus.
Asyiknya lagi, cake ini bisa disimpan didalam tupperware kedap udara selama 3 hari (belum dihias atau dilapisi coklat ganache) atau bisa juga disimpan di dalam freezer.

Utk Chocolate ganachenya:
225 gr DCC, lelehkan (jangan pakai microwave tapi pakai double boiler), sisihkan
180 ml creme fraiche
1/4 sdt garam
100 gr ground almond

Bila coklat lelehnya udah dingin (ga keras), masukkan creme fraiche dan garam, aduk rata. Lalu tambahkan ground almondnya dan aduk cepat. Begitu rata, segera olesi ke kue yg udah dibelah 3. Olesi lapisan pertama dg coklat ganache ini, lalu tutup dg lapisan ke dua, kemudian olesi lagi
dg sisa coklat ganache lalu tutup dg lapisan ke tiga (terakhir). Poles keseluruhan cake dg white chocolate icing (frosting).

White chocolate icing:
200 gr coklat putih, lelehkan dg microwave selama 2 1/2 menit (aduk separuh jalan), sisihkan
Kocok 280 gr butter dg 250 gr gula halus hingga lembut dan agak putih. Lalu masukkan coklat putih yg udah dingin sambil terus dikocok dg kecepatan rendah hingga tercampur rata.

White chocolate icing ini bisa dimasukkan kedalm container kedap udara dan disimpan didalam kulkas selama 1 bulan. Saat akan dipakai, harus dikeluarkan dari kulkas selama sehari sebelumnya (pake dg suhu ruangan).

Utk hiasan daun coklat (autumn theme), saya pake coklat putih yg dilelehkan dan dibagi beberapa tempat utk diwarnai. Lalu olesi ke belakang daun yg udah dicuci dan di lap dg kering.
Lalu masukkan ke dalam kulkas. Setelah mengeras, baru dilepaskan coklat tsb dari daunnya. Masukkan ke dalam container kedap udara dan simpan kembali didalam kulkas. Siap dipakai kapan saja.

Utk hiasan bunga dari icing,
Siapkan 2 box bekas 24 butir telur (yg dari bahan kertas), lalu balik dan lubangi bagian bawahnya (utk tempat bunga mawar yg masih belum keras)
Saya pakai icing fondant putih lalu bagi beberapa bagian dan tetesi dg sdikit pewarna, uleni dan bentuk setiap kelopak bunga mawar satu persatu, dimulai dari tengahnya. Rekatkan setiap kelopak tsb mulai dari yg kecil sampai besar, lalu letakkan di atas box telur yg udah dilubangi tadi. Biarkan keras, setelah itu simpan dalam box kedap udara. Bunga2 ini siap dipakai kapan aja. Biasanya saya bikin bunga ini saat saya punya waktu luang dan bisa disimpan selama 4-5 bulan. Saat akan dipakai utk menghias cake, dg memakai kuwas, olesi setiap kelopaknya dg edible lustre (agar tampak mengkilat).

Terakhir.............
Setelah cakenya dihias, taburi atasnya dg edible magic sparklers, agar bisa terlihat seperti pecahan es tipis.

Selamat mencoba ya mba? Memang terlihat ribet, tetapi saya ngerjainnya secara bertahap.
Mis, kalo ada waktu , saya bikin bunganya dulu, lalu daun coklatnya dan coklat icingnya. Jadi kapan mo dipakai, saya tinggal bikin cakenya aja. Praktis kan mba? (Ooups... maaf nie mba... kok kesannya ngajari mba ya?... duooohh.... lariii ah....hehehehe...) *v*

0 Comments:

Post a Comment

<< Home