Tuesday, September 02, 2008

Roti jala kari Aceh

Kiriman Yufrita Skyner di Edinburg UK

Bahan:
A. Roti Jala:
500 gr tepung terigu
8 butir telur, kocok sebentar
50 gr mentega, lelehkan
1 sdt merica bubuk
Susu segar dan garam secukupnya

Cara:
Masukkan semua bahan dan aduk rata. Lalu saring hingga adonannya halus.
Masukkan adonannya sesendok sayur kedalam cetakan roti jala dan dadar seperti halnya membuat pancake. Begitu mateng, angkat dan gulung. Ulangi lagi mendadarnya sampai adonannya habis.

B. Bahan karinya:

750 ml santan (saya pake yg kalengan)
1 gelas air
Garam dan gula secukupnya
1 sdt asem jawa
Extra bawang goreng utk taburan saat roti jala karinya dihidangkan


*Utk adonan bola2 daging kambing:
1 kg. daging kambing cincang
200 gr bawang goreng
100 gr bawang putih goreng
1 sdt merica
Garam secukupnya

*Bumbu yg dihaluskan:
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
5 butir kemiri
1 ruas jari jahe
10 cabe merah (sebagian buang bijinya)
1 sdt cabe kering
5 sdm ketumbar
2 1/2 sdm jintan manis (cumin)
1 1/2 sdm jintan putih (fennel)
1 sdt merica bubuk
1 sdt kunyit

*Bahan utk menumis:
1 buah bawang bombay, rajang
3 butir bawang merah, rajang
2 siung bawang putih, rajang
1 lbr daun pandan
2 lbr daun kari (salam koja)
5 biji cengkeh
1 jari kayu manis
3 ruas peka (star anise)
2 butir kapulaga
1/4 sdt halba (fenugreek)
5 sdm minyak plus 50 gr mentega

Cara:
A. Campur semua daging, bawang goreng, merica dan garam. Uleni sampe bisa di pulung.
Bulat2kan adonan dagingnya sampai habis lalu sisihkan.
Sementara itu, buat karinya.

B. Panaskan minyak dan mentega, lalu masukkan bawang bombay, aduk sampai layu. Kemudian masukkan bawang merah dan bawang putih, goreng sampai layu. Setelah itu, masukkan semua bahan tumisan, aduk sebentar lalu masukkan bumbu halus. Kecilkan apinya, aduk2 dan cepat2 ditutup selama 5 menit (agar aromanya ga keluar). Begitu tutupnya dibuka, segera masukkan air dan 250 ml santan, besarkan apinya ke ukuran sedang. Kemudian tutup lagi. Begitu mendidih, masukkan bola2 dagingnya, bubuhi juga garam dan gula lalu tutup kembali selama 10 menit. Terakhir, masukkan sisa santannya, biarkan mendidih sambil sesekali diaduk hingga bola2 dagingnya matang. Cicipi, tambahkan garam atau gula jika perlu. Lalu angkat dan hidangkan dg roti jala / naan bread / paratha (martabak)

Atur beberapa potong roti jala diatas piring, siram atasnya dg kari ini dan taburi dg bawang goreng. Nikmati panas2... Jika memakai roti naan atau paratha, sebaiknya karinya disajikan dalam mangkok kecil, jadi rotinya dicocol ke dalam kari... Hm....jadi pengen bikin lagi...
Semoga mba'Esther suka ya? :-)

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home